Sabtu, 28 Maret 2015

Tingkatkan Solidaritas Melalui Upgrading

 
Foto Bersama Para Pengurus KMP Periode 2015

Yogyakarta (28/03), Acara upgrading pengurus Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) periode 2015 yang dilaksanakan pada  Sabtu 28 Maret 2015 yang bertempat pada ruang sidang atas Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada. Acara yang diikuti oleh keseluruhan pengurus dan badan pengawas yang diwakilkan oleh kepengurusan 2013/2014 ini menjadi ajang untuk silahturahmi, acara dibuka oleh Ibu Rina Sri Kasiamdari ,S.Si.,Ph.D sebagai Wakil dekan bidang sarana dan prasarana, dalam penyampaian beliau menyampaikan pentingnya komunikasi yang berdampak pada lobi atau pendekatan yang dilakukan dengan cara komunikasi. Ibu Rina juga menjelaskan pentingnya alasan dalam suatu kegiatan. Selain itu, penjelasan mengenai proposal dan trik-trik untuk meloloskan proposal juga diajarkan kepada kami sebagai pengurus KMP baru.

Permasalahan yang selalu dihadapi kepengurusan atau bahkan keseluruhan organisasi adalah sosialisasi, karena walaupun sebagus apapun kinerja dari sebuah kepengurusan tapi tidak diketahui publik maka itu adalah hal yang sangat disayangkan maka publikasi adalah cara yang terbaik.  Dizaman yang sudah secanggih yang sekarang ini, pastinya tidaklah sulit untuk melakukan publikasi. Release adalah cara yang baik untuk memperkenalkan dan memberikan informasi tentang kinerja kepengurusan. Satria A.N begitulah namanya, beliau merupakan seorang reporter senior Universitas Gadjah Mada, yang menyempatkan waktu untuk memberikan pengalaman yang pernah digelutinya. Dalam penjelasan yang diberikan, 5W dan 1H adalah kaidah jurnalistik yang dapat dipakai sebagai dasar dalam menulis release. Selain itu, judul yang inovatif juga memiliki nilai jual pada release tersebut. Akan tetapi, yang paling penting dalam release itu adalah informasi yang terkandung di dalamnya yang menjadi alasan kenapa harus direlease.

Banyak ilmu yang didapatkan dari berbagai pemateri yang menyempatkan waktu untuk memberikan ilmu kepada kepengurusan 2015 ini, seperti yang dijelaskan Pak Budi Setiadi Daryono, M.Agr, Sc., yang merupakan wakil dekan bidang kemahasiswaan. Bahwa sebuah kepengurusan harusnya memiliki impian yang besar, karena dari impian tersebutlah bisa berkembang. Walau semakin sore, antusias pengurus semakin membara-bara. Kegiatan ditutup oleh diskusi yang dilaksanakan mengenai problem solving, tentang bagaimana melihat masalah dari hal yang positif. Selain itu, pembagian masalah juga sangat penting untuk menentukan mana yang penting (Indra/Ismy, Foto:Adi Mahardika/Trisuandi @kmp-biologi-ugm).

0 komentar:

Posting Komentar