Sabtu, 05 September 2015

Tertawa Bersama Masyarakat Dusun Geger: Pengabdian Keluarga Mahasiswa Pascasarjana dan Rombongan Dosen Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Di Dusun Geger


Foto Bersama Dengan Murid dan Guru SD Muhamadiyah Dusin Geger

Yogyakarta (05/09), Tertawa bersama antara mahasiswa dan dosen mengiringi  kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Pascasarjana  (KMP) di Dusun Geger Desa Seloharjo Kec. Pundong Kab. Bantul Provinsi D.I.  Yogyakarta hari ini. Pukul 06:00 WIB rombongan peserta yang terdiri dari Dosen Fakultas Biologi  dan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) berkumpul di depan fakultas  Biologi Universitas Gadjah Mada. Setelah semua persiapan selesai rombongan  mulai berangkat kelokasi, perjalanan ditempuh sekitar 1 jam. Sesampai dilokasi  acara pun dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan oleh belajar bersama oleh  SD Muhamadiyah Geger dan pelatihan bagi ibu-ibu PKK di Dusun Geger.

Para Siswa SD Muhamadiyah Dusun geger
 Kegiatan dibagi menjadi dua pada lokasi yang berbeda. Kegiatan belajar mengajar dilakukan di lokasi sekolah, sedangkan kegiatan pelatihan untuk ibu-ibu PKK dilakukan dibalai dusun. Kegiatan belajar bersama berlangsung meriah, para siswa siswi diajak belajar sambil bermain, para tentor yang terdiri dari anggota KMP membuat metode belajar yang menarik perhatian siswa/i. Mulai dari menggambar, menyusun puzzle, dan menebak gambar. Selama kegiatan berlangsung terdapat games-games menarik dan berhadiah tentunya. Sekitar pukul 12:00 WIB, kegiatan berakhir dengan penyerahan hadiah bagi siswa/i yang memenangkan lomba-lomba selama proses belajar bersama dan dilanjutkan dengan foto bersama.
Foto-foto para tentor dengan para siswa/i
Diwaktu yang sama, kegiatan pelatihan ibu-ibu PKK juga berlangsung, ibu-ibu diajarkan menggunakan bahan-bahan yang sudah tidak dipakai lagi dan dibuat hiasan yang menarik. Banyak karya yang dihasilkan, seperti bunga. Bunga yang dihasilkan oleh ibu-ibu PKK ini sangat cantik, walau masih banyak kekurangan tapi ini sudah membuat masyarakat merasa gembira dan mendapatkan pengalaman baru. Kegiatan juga diakhiri dengan foto bersama.


Selanjutnya, pukul 13:00 WIB, kegatan dilanjutkan dengan punyuluhan mengenai pentingnya konservasi air oleh Ibu Dr. Retno Peni Sancayaningsih, M.Sc. Saat penyuluhan masyarakat juga diberikan wawasan mengenai pentingnya air bagi kehidupan, selanjutnya dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh masyarakat Dusun Geger. Setelah semua rangkaian selesai kegiatan ditutup dengan penyerahan bingkisan sebagai kenang-kenangan kepada masyarakat Dusun Geger. (SIF/FA)

0 komentar:

Posting Komentar