Sabtu, 05 September 2015

Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Tahun 2015


     Yogyakarta (26-27/08), Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahkan di dunia dalam penerimaan mahasiswa baru. Akan tetapi, cara-cara yang dilakukan untuk menerima mahasiswa baru berbeda-beda. Rabu 26 Agustus 2015, kami keluarga mahasiswa pascasarjana (KMP) Biologi UGM beserta seluruh staf dan tenanga pengajar melakukan penyambutan bagi mahasiswa baru. Kegiatan berlangsung selama dua hari. Di hari pertama, kegiatan dibuka dengan sambutan dari ketua program studi pascasarjana Dr. Diah Rahmawati, M.Si., ibu sangat menyambut dengan hangat kedatangan mahasiswa pascasarjana yang baru saja diterima di Universitas Gadjah Mada (UGM).
Perkenalan Dosen Fakultas Biologi UGM
Kegiatan ini berlangsung di gedung A Fakultas Biologi UGM. Setelah pembukaan dilakukan, kegiatan berlanjut dengan perkenalan dosen-dosen yang mengajar bagi program pascasarjana Fakultas Biologi UGM, diikuti dengan penjelasan program studi S2 dan S3. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan pada pukul 13:00, para mahasiswa baru ini diajak berkeliling melihat dan mengenal laboratorium yang ada pada Fakulas Biologi UGM, setelah berkeliling dan menerima penjelasan dari setiap leb. Mahasiswa baru ini pun kembali dan diberikan arahan dari panitia untuk kegiatan esoknya. Setelah penjelasan dari panitia ini, menandakan kegiatan hari pertama selesai dilakukan.
Dihari ke dua, penjelasan lebih ditekankan pada penjelasan lebih spesifik mengenai Fakultas Biologi UGM, penjelasan yang diberikan oleh Dr. Drs. Senawi, M.P dan Prof. Issirep Sumadi ini, memberikan wawasan kepada mahasiswa baru mengenai Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Biologi. Setelah pengenalan UGM-an dan Biologi-an selesai dilanjutkan dengan mengenalkan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) kepada mahasiswa baru yang dipimpin langsung oleh ketua KMP Firdaus.
  
Penjelasan berlangsung singkat dan diikuti perkenalan anggota-anggota. Sekitar pukul 13:00 kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai “Build Your Future” oleh Dr. Budi S. Daryono, M.Agr. Sc dan “Enterpreneuship” oleh Dr. Suharyanto, M.Sc. Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan minat oleh mahasiswa pascasarjana angkatan 2014. Hal ini, baru pertama kali dilaksanakan dalam periode penerimaan mahasiswa baru.
Kegiatan ini ditanggap positif oleh mahasiswa baru karena dapat dijadikan patokan dalam memilih minat nantinya. Kegiatan berlangsung meriah dengan penjelasan dari setiap perwakilan minat yang terdiri dari ekologi, zoolog, mikrobiologi, botasi, biosains, dan genetika. Setelah penjelasan dari para minat selesai menandakan serangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru selesai. (IFS/AH/FA)

0 komentar:

Posting Komentar